Tugas Kampusku : Tentang Paul Felix Lazarsfeld

Yang perlu buat tugas kampus, silahkan di copy ya. Mohon maaf jika ada data yang salah. Data tersebut saya ambil dari beberapa referensi google. Semoga membantu ^^



SIAPA DIA ?

  • Lahir pada tanggal 13 April 1901 di Wina, Autria
  • Meninggal pada tanggal 3o Juni 1976 akibat kanker
  • Kehidupan perpaduan antara bisnis dan akademik
  • Menerima gelar Ph.D dari University of Vienna pada 1925
  • Pendiri 4 lembaga

PENELITIAN APA YANG SUDAH DILAKUKAN OLEH LAZARSFELD ?



1. Metodologi Kuantitatif
Paul F. Lazarsfeld (1940) Communication Effect and the Erie County Study.
Paul Lazarsfel dikenal dengan focus kajiannya pada efek media massa, dia juga dikenal sebagai ilmuan sosial yang menggunakan metodologi kuantitatif dalam melakukan studi tentang perilaku pemilih yang dikenal dengan Erie County Study dalam pemilihan presiden.
Dalam penelitian itu dia melihat bagaimana efek media massa dalam mempengaruhi perilaku pemilih dalam pemilihan presiden, penelitiannya tersebut menemukan bahwa media massa tidak banyak berpengaruh terhadap perilaku pemilih waktu itu, kebanyakan pemilih sudah menentukan pilihan sebelum masa kampanye dimulai.

2. Media Massa dalam mempengaruhi Kondisi Sosial Masyarakat
Studi kasus yang diambil adalah masyarakat amerika serikat. Dalam studinya mereka menerangkan bahwa banjir informasi telah membius orang amerika ke dalam apatisme massa.
Media massa membuat mereka kecanduan, layaknya sebuah “narkotika sosial”. 

Mengutip pendapat Idi Subandy:
“Informasi media mempunyai efek tak ubahnya seperti efek obat bius atau narkotika. Pada gilirannya orang-orang menjadi kurang tercerahkan dan berkurang pula minatnya untuk terlibat dengan hal-hal yang bersifat aktual”.
3. The Medical Diffusion
Adanya proses penularan dari satu orang kepada orang lainnya dalam sebuah diskusi (komunikasi antar manusia)


TEORI LAZARSFELD


- Teori 1 (Two Step Flow Communication)
Lazarsfeld menyebut two step flow communication (aliran komunikasi dua tahap). Dan orang yang berpengaruh itu disebut opinion leader (pemimpin pendapat). Mereka berperan sebagai sumber referensi dari massa audiensi bersifat komunikasi lisan dan berjejaring.

- Teori 2 (Teori pengantar)
Difokuskan pada kampanye pemilihan presiden dan proses pengambilan keputusan masyarakat terhadap kampanye untuk mengetahui apakah pesan media massa mempengaruhi langsung dalam pengambilan suara dikalangan masyarakat.


PRESTASI LAZARSFELD

  • Presiden dari kedua Asosiasi Amerika untuk Penelitian Opini Public (1949/1950) dan American Sociological Association (1961/1962)
  • Menerima gelar kehormatan dari Chicago Dan Universitas Yeshiva (1966), dari Columbia (1970), dari Wina (1971) & dari Sorbonne (1972)
  • Tahun 1955 dia adalah penerima pertama dari Julian L.Woodward pengharagaan peringtan American Association for Public Opinion Research
  • 1969 Republik Austria memberikan penghargaan Golden Cross


KRITIK DAN SARAN PENULIS

  • Lazarsfeld hanya menjelaskan peran aktif pemimpin pendapat sebagai distributor informasi
  • Dalam model tersebut hanya menjelaskan bahwa individu aktif dalam mencari informasi hanya pemimpin opini, sedangkan aggota masyarakat pasif
  • Proses analisis lebih terbatas, sebab proses komunikasi dapat terjadi dalam dua tahap atau lebih
  • Menunjukkan seberapa pentingnya pemimpin opini akan informasi pada media massa
  • Teori mengabaikan perilaku khalayak berdasarkan “waktu” pengenalan ide baru. Mereka yang mengenal lebih dahulu ide baru lebih banyak memanfaatkan media massa daripada mereka yang mengenal ide baru kemudian
  • Tidak menunjukan adanya perbedaan peranan dari berbagai sumber saluran komunikasi dalam hubungannya dengan tahap – tahap inovasi
  • Adanya pemisahan khalayak antara pemimpin opini dengan masyarakat pengikut (followers)


Sekian~

0 komentar:

Posting Komentar

  © BLOG YOSIKA 2017

Design by Emporium Digital
Protected by Copyscape