Tugas Kampusku : Manajemen Public Relations (PR)

A. Pengertian dasar Public Relations

Yang menjadi pertanyaan apakah Humas = Public Relations ?
  • Public / stakeholder adalah sekelompok orang yang mempunyai minat dan perhatian yang sama terhadap sesuatu hal. 
  • Relations : Kata Relasi dalam PR menunjukkan adanya hubungan yang setara atau timbal balik di antara pihak - pihak yang berkepentingan 


B. Kata Kunci Memahami Makna Public Relations

  • Public Interest ( kepentingan publik ) : PR bukan semata-mata membantu organisasi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya 
  • Two-way communication ( komunikasi 2 arah ) : adanya pertukaran informasi antara organisasi dengan publiknya. 
  • Management function ( fungsi manajemen ) : PR juga ikut berperan dan membantu dalam mengarahkan ke mana organisasi bergerak. 


C. Manajemen

Manajemen --> managgiare ( Italia ) yang berarti mengangani atau to handle, atau dari kata manus ( Latin ) yang berarti tangan, atau menangani. 

Adapun tahapan-tahapan manajemen PR yaitu:
1. Planning
Perencanaan meliputi penentuan tujuan, penentuan langkah tidakan, pengembangan aturan dan prosedur-prosedur, pengembangan rencana serta prediksi
2. Organizing
Meliputi pemberian tugas terpisah kepada masing masing pihak,membentuk
bagian,mendelegasikan dan menetapkan jalur wewenang.
3. Staffing
Menentukan persyaratan personil yang akan dapat di kerjakan,merekrut
calon karyawan,menentukan job decription.
4. Leading
Mengarahkan orang lain/ bawahan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Bisa dilakukan dengan memberi perintah, memotivasi, memberi apresiasi, memberi penghargaan atau bahkan hukuman.
5. Controlling
Menentukan standar kinerja atau penampilan, membandingkan penampilan dengan standar, melakukan perbaikan apabila diperlukan. Controlling hampir sama dengan evaluating.


D. Manajemen Public Relations

  • Berarti penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan public relations 
  • Mengelola kegiatan PR berarti melakukan penelitian, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap berbagai kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi (McElearth, 1993)


E. Manajemen Strategis Public Relations

1. Planning ( Pandangan sebuah keadaan ke depan yang di inginkan dan mengembangkan sebuah strategi sistematik untuk mencapainya )
2. Need assesment ( Sebelum memulai melakukan sejumlah tindakan,terlebih dahulu harus menemukan masalah/mengukur kebutuhan )
3. Community organizing ( Tujuan PR di sini,yaitu mengorganisasikan komunitas yang di bedakan antara partisipasi warga dan pengembangan komunitas )
4. Leadership ( Kepemimpinan memerlukan adanya hubungan kepercayaan antara pemimpin dan kelompok,seorang pemimpin percaya bahwa setiap anggota kelompok memiliki sesuatu untuk berkontribusi )
5. Fund raising ( Program PR dalam mengumpulkan dana bagi aplikasi prinsip prinsip dan teknik pemberdayaan komunitas yang baik )







0 komentar:

Posting Komentar

  © BLOG YOSIKA 2017

Design by Emporium Digital
Protected by Copyscape